Main Article Content
Abstract
Examining the effects of CSR, profitability as measured by ROA, and CAR on company value in traditional commercial banks listed on the IDX for the years 2021–2024 is the aim of this research. The whole population of traditional commercial banks that were listed on the IDX between 2021 and 2024 is used in this analysis. This research uses secondary data analysis and a quantitative methodology. Purposive sampling with a number of well chosen criteria is the sampling method used, yielding a sample of 80 banks. Data was processed using Eviews 13 and using descriptive statistical analysis. Multiple linear regression analysis is the method of data analysis that is used. According to the study's findings, ROA significantly and favourably af ects business value, but CSR and CAR have no influence.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alfiadin, A., & Susilo, D. E. (2021). The influence of corporate social responsibility, company size, capital structure, profitability, and leverage on company value in manufacturing companies listed. Jurnal Mantik, 2(2), 82–89. https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1478
- Amrulloh, A., & Amalia, A. D. (2020). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015–2019). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(2), 167–178. https://doi.org/10.36080/jak.v9i2.1421
- Anatan, L. (2020). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teoritis dan praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(1), 1–11.
- Artameviah, R. (2022). Pengaruh LDR, CAR, NPL, BOPO terhadap profitabilitas lembaga perkreditan desa di Kota Denpasar. Bab II Kajian Pustaka, 12(2004).
- Carroll, A. B. (1991). La pirámide de la responsabilidad social corporativa: En dirección a la gestión moral de los grupos de interés de la organización. Business Horizons, 34(4), 39–48.
- Fana, A. A. A. A., & Prena, G. D. (2021). Pengaruh corporate social responsibility, good corporate governance, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 6(2), 17–29. https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3168
- Freeman, R. E., & McVea, J. (2001). A stakeholder approach to strategic management. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.263511
- Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26 (Cetakan ke-10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Handayani, N., Asyikin, J., Ernawati, S., & Boedi, S. (2023). Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan perbankan Indonesia. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 20(2), 233–242.
- Hasanuddin, R., Sahade, S., & Idris, H. (2024). Pengaruh CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi kasus perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi Modern, 6(2), 30–44.
- Ismatasari, A. F. C., Mukti, A. H., & Triwacaning `rum, W. (2024). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017–2021. Jurnal Proaksi, 11(2), 329–350. https://doi.org/10.32534/jpk.v11i2.5477
- Kansil, L. A., Rate, P. V., Tulung, J. E., & Manajemen, J. (2021). Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015–2019. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 232–241.
- Khoiroh, U. (2023). Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) terhadap return on equity (ROE) (Studi kasus: Bank Muamalat Indonesia periode 2012–2023). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 12(1), 1–15.
- Khoyyimah, Suhardiyah, M., & Firdausia, Y. K. (2021). Pengaruh CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan subsektor batu bara di BEI tahun 2015–2018. Journal of Sustainability Business Research, 2(2), 442–446.
- Louis, E. T., Rimba, B. J., Avira, Rajagukguk, R. H., & Siahaan, S. B. (2025). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility (CSR) dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2022. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 637–648.
- Maryoso, S., & Sari, D. I. (2023). Pengaruh SCR, profitabilitas, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan BUMN terdaftar di BEI. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (AKASIA), 3(1), 13–22.
- Meliza, Maharani, C. A., & Mahmudah, D. A. (2021). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(2), 497–509. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i2.11689
- Nadhilah, P., Mursidah, Yunina, & Indrayani. (2024). Modal terhadap nilai perusahaan (Perusahaan manufaktur aneka industri tahun 2019–2022). Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(2), 169–180.
- Natalie, V., & Lisiantara, G. A. (2022). Pengaruh profitabilitas (ROA), likuiditas (AKO), ukuran perusahaan (SIZE), dan leverage (LTDER) terhadap nilai perusahaan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(4), 4175–4186. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1057
- Pramudya, E. (2023). Pengaruh influencer marketing dan harga terhadap keputusan pembelian produk iPhone pada generasi milenial. [Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. Universitas Pendidikan Indonesia Repository.
- Pratama, A. P., & Serly, V. (2024). Pengaruh penerapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 6(3), 1285–1301. https://doi.org/10.24036/jea.v6i3.1699
- Prayuda, Z. R., & Praditya, R. A. (2020). Does ISO 26000 corporate social responsibility influence company performance? Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 83–94. http://www.jiemar.org
- Putri, A. A. (2023). Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) terhadap nilai perusahaan dengan likuiditas dan BOPO sebagai variabel intervening pada bank umum syariah periode 2016–2020. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 14(2), 112–125.
- Riski, M., Husnatarina, F., Umbing, G. B., Christmas, A. F., Nasir, D., Yeremi, R. N. H., & Ludang, R. F. A. (2025). The effect of green accounting, green intellectual capital, and corporate social responsibility on financial performance. Golden Ratio of Finance Management, 5(1), 123–136. https://doi.org/10.52970/grfm.v5i1.967
- Sari, A., Munawaroh, & Indrayani. (2025). Pengaruh rasio leverage, profitabilitas, dan likuiditas terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan pakan ternak yang tercatat di BEI tahun 2018–2023. Journal Musytari, 4(2), 74–94.
- Sari, M., & Mildawati, T. (2017). Pengaruh keputusan investasi, kebijakan dividen, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(3), 1071–1088.
- Siregar, N. A. (2024). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 44–53.
- Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2, Cetakan ke-5). Alfabeta.
- Sutisna, D., Nirwansyah, M., Ningrum, S. A., & Anwar, S. (2024). Studi literatur terkait peranan teori agensi pada konteks berbagai isu di bidang akuntansi. Karimah Tauhid, 3(4), 4802–4821. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12973
- Tangngisalu, J. (2022). Current ratio, return on asset, and debt-to-equity-ratio on stock price of sector property and real estate. Golden Ratio of Finance Management, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.52970/grfm.v2i1.97
- Wiranata, E. S., Sasanti, E. E., & Hudaya, R. (2023). Pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan tahun 2017–2021. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(2), 19–31. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/risma/article/view/554
- Yani, M. A., Murni, Y., & Sudarmaji, E. (2024). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor industri periode 2019–2022. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 4(3), 74–94.
References
Alfiadin, A., & Susilo, D. E. (2021). The influence of corporate social responsibility, company size, capital structure, profitability, and leverage on company value in manufacturing companies listed. Jurnal Mantik, 2(2), 82–89. https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1478
Amrulloh, A., & Amalia, A. D. (2020). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015–2019). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(2), 167–178. https://doi.org/10.36080/jak.v9i2.1421
Anatan, L. (2020). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teoritis dan praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(1), 1–11.
Artameviah, R. (2022). Pengaruh LDR, CAR, NPL, BOPO terhadap profitabilitas lembaga perkreditan desa di Kota Denpasar. Bab II Kajian Pustaka, 12(2004).
Carroll, A. B. (1991). La pirámide de la responsabilidad social corporativa: En dirección a la gestión moral de los grupos de interés de la organización. Business Horizons, 34(4), 39–48.
Fana, A. A. A. A., & Prena, G. D. (2021). Pengaruh corporate social responsibility, good corporate governance, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 6(2), 17–29. https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3168
Freeman, R. E., & McVea, J. (2001). A stakeholder approach to strategic management. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.263511
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26 (Cetakan ke-10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, N., Asyikin, J., Ernawati, S., & Boedi, S. (2023). Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan perbankan Indonesia. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 20(2), 233–242.
Hasanuddin, R., Sahade, S., & Idris, H. (2024). Pengaruh CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi kasus perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi Modern, 6(2), 30–44.
Ismatasari, A. F. C., Mukti, A. H., & Triwacaning `rum, W. (2024). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017–2021. Jurnal Proaksi, 11(2), 329–350. https://doi.org/10.32534/jpk.v11i2.5477
Kansil, L. A., Rate, P. V., Tulung, J. E., & Manajemen, J. (2021). Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015–2019. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 232–241.
Khoiroh, U. (2023). Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) terhadap return on equity (ROE) (Studi kasus: Bank Muamalat Indonesia periode 2012–2023). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 12(1), 1–15.
Khoyyimah, Suhardiyah, M., & Firdausia, Y. K. (2021). Pengaruh CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan subsektor batu bara di BEI tahun 2015–2018. Journal of Sustainability Business Research, 2(2), 442–446.
Louis, E. T., Rimba, B. J., Avira, Rajagukguk, R. H., & Siahaan, S. B. (2025). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility (CSR) dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2022. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 637–648.
Maryoso, S., & Sari, D. I. (2023). Pengaruh SCR, profitabilitas, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan BUMN terdaftar di BEI. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (AKASIA), 3(1), 13–22.
Meliza, Maharani, C. A., & Mahmudah, D. A. (2021). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(2), 497–509. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i2.11689
Nadhilah, P., Mursidah, Yunina, & Indrayani. (2024). Modal terhadap nilai perusahaan (Perusahaan manufaktur aneka industri tahun 2019–2022). Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(2), 169–180.
Natalie, V., & Lisiantara, G. A. (2022). Pengaruh profitabilitas (ROA), likuiditas (AKO), ukuran perusahaan (SIZE), dan leverage (LTDER) terhadap nilai perusahaan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(4), 4175–4186. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1057
Pramudya, E. (2023). Pengaruh influencer marketing dan harga terhadap keputusan pembelian produk iPhone pada generasi milenial. [Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. Universitas Pendidikan Indonesia Repository.
Pratama, A. P., & Serly, V. (2024). Pengaruh penerapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 6(3), 1285–1301. https://doi.org/10.24036/jea.v6i3.1699
Prayuda, Z. R., & Praditya, R. A. (2020). Does ISO 26000 corporate social responsibility influence company performance? Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 83–94. http://www.jiemar.org
Putri, A. A. (2023). Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) terhadap nilai perusahaan dengan likuiditas dan BOPO sebagai variabel intervening pada bank umum syariah periode 2016–2020. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 14(2), 112–125.
Riski, M., Husnatarina, F., Umbing, G. B., Christmas, A. F., Nasir, D., Yeremi, R. N. H., & Ludang, R. F. A. (2025). The effect of green accounting, green intellectual capital, and corporate social responsibility on financial performance. Golden Ratio of Finance Management, 5(1), 123–136. https://doi.org/10.52970/grfm.v5i1.967
Sari, A., Munawaroh, & Indrayani. (2025). Pengaruh rasio leverage, profitabilitas, dan likuiditas terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan pakan ternak yang tercatat di BEI tahun 2018–2023. Journal Musytari, 4(2), 74–94.
Sari, M., & Mildawati, T. (2017). Pengaruh keputusan investasi, kebijakan dividen, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(3), 1071–1088.
Siregar, N. A. (2024). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 44–53.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2, Cetakan ke-5). Alfabeta.
Sutisna, D., Nirwansyah, M., Ningrum, S. A., & Anwar, S. (2024). Studi literatur terkait peranan teori agensi pada konteks berbagai isu di bidang akuntansi. Karimah Tauhid, 3(4), 4802–4821. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12973
Tangngisalu, J. (2022). Current ratio, return on asset, and debt-to-equity-ratio on stock price of sector property and real estate. Golden Ratio of Finance Management, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.52970/grfm.v2i1.97
Wiranata, E. S., Sasanti, E. E., & Hudaya, R. (2023). Pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan tahun 2017–2021. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(2), 19–31. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/risma/article/view/554
Yani, M. A., Murni, Y., & Sudarmaji, E. (2024). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor industri periode 2019–2022. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 4(3), 74–94.